Proyek Menulis Cerpen & Puisi “Antologi Benci” Naskah dibukukan (DL: 30 April 2013)

*well, it’s been a very long time since the last time I posted something here :(*

Hello, there!

Sudah berbulan-bulan saya tidak menulis apa-apa di sini ya, sampai hampir lupa password waktu log in :(

Well, people could always get busy, but apparently we couldn’t stop writing and reading. So, kali ini saya mau melontarkan ide untuk membuat satu lagi proyek menulis antologi a.k.a. proyek nulis keroyokan dengan titel #AntologiBenci :)

Mengapa “benci”? Ada 3 alasan mengapa harus emosi ini yang menarik saya untuk mengeksplorasinya dan menjadikannya ladang aksara :

1. People always read, write, and talk about love. Cintaaaaa melulu. Semua berbau cinta, patah hati, jatuh cinta lagi, patah hati lagi…. Don’t you think it’s getting a little bit boring?

2. Emosi manusia bukan cuma yang positif-positif saja. Orang bisa marah, kesal, kecewa, dan benci. If we could (and have to) balance them in real life, we should balance them in literature.

3. Sebagai emosi yang jarang saya lihat dieskplorasi dalam tulisan - terutama puisi dan cerpen, 2 bentuk sastra yang akan saya ketengahkan dalam proyek ini - benci akan menjadi tantangan yang menyenangkan!

Jadi, kalau kalian merasa tertantang untuk mencoba mengeksplorasi benci, ini dia syarat-syaratnya :

The most important of all, ini bukan lahan untuk mengamuk, memaki-maki, memojokkan, menyalahkan, memfitnah, memarahi, menghina, membalas dendam, dan segala macam tindakan negatif lain yang bisa dilakukan kepada seseorang secara spesifik. So, please make sure you DON’T do that.

Eksplorasi emosi benci dalam karya kalian seluas dan sebebas-bebasnya, tapi - ini dia tantangannya - jangan menggunakan SATU pun kata “benci” dalam karya kalian. Not even one ;)

Please do mind the EYD. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau bingung, intip-intip kamus atau buka KBBIdaring secara online. Bantu ringankan pekerjaan editor nanti ya ;)

Hindari SARA. Tapi maksud syarat ini bukan berarti kalian tidak boleh memasukkan apapun yang berbau SARA dalam karya kalian. Oh, sangat boleh, dengan satu syarat saja: jangan menghakimi atau menyudutkan. Don’t start a civil war :p

Hindari pornografi. Lagi-lagi, syarat ini bukan berarti kalian tidak boleh memasukkan apapun yang berbau seksual dalam karya kalian. Kalian hanya harus memastikan bahwa apa yang kalian tulis betul-betul bernilai estetis secara sastra, dan bukan “sastra” seperti stensilan :p

Penggunaan kata dan diksi dipersilakan seluas-luasnya. Mau naratif, mau njelimet, up to you. Mau kasar, mau halus, saya percaya kalian tahu batas-batasnya :)

Eksplorasi tema ini seluas-luasnya. Benci bukan cuma karena patah hati atau pengkhianatan, lho. Dan tidak semua cerita berakhir happy ending - atau sad ending. Bahkan mungkin definisi “happy ending” atau “sad ending” bisa berbeda dari apa yang biasa orang pikirkan.

Oke, ini teknisnya. Proyek ini rencananya akan berisi cerpen dan puisi. Kuotanya adalah 20 cerpen dan 5 puisi. Bisa lebih, tergantung karya yang masuk. Ini dia ketentuan spesifiknya :

CERPEN

Memenuhi syarat umum di atas

Karya belum pernah dipublikasikan di media apapun. This way, we will be pushed to write :) 

Ditulis menggunakan Ms. Word sepanjang 5-10 halaman A4 margin standar spasi 1.5 font Arial 11 (sorry, I just hate TNR ;p)

Sertakan biodata singkat kalian dalam bentuk narasi (termasuk akun Twitter dan, kalau ada, blog kalian) di halaman berikutnya dari halaman paling akhir cerpen kalian.  Jadi halaman biodata tidak termasuk halaman cerpen, tapi masih dalam file yang sama.

File dinamai dengan format : Antologi Benci - cerpen - judul - nama penulis. Jangan salah ya, or I won’t be able to know which one is whose, and yours may be lost.

Kirimkan karya kalian ke email sha_cool_mulover@yahoo.co.id paling lambat tanggal 30 April 2013 pk. 24.00 WIB. Subyek email: Antologi Benci - nama penulis.

Setelah mengirim email, mention saya di akun Twitter @siputriwidi untuk mengonfirmasi pengiriman karya kalian. Sebutkan bentuk karya (cerpen/puisi), judul, dan nama kalian.

PUISI

Memenuhi syarat umum di atas.

Karya belum pernah dipublikasikan di media apapun. This way, we will be pushed to write :) .

Boleh berupa puisi biasa maupun puisi essay. Pokoknya puisi.

Ditulis menggunakan Ms. Word. Tidak ada batas panjang minimum, batas panjang maksimum untuk non puisi essay 5 halaman dan puisi essay 10 halaman. Ukuran kertas A4, margin standar, spasi 1.5, font Arial 11.

Sertakan biodata singkat kalian dalam bentuk narasi (termasuk akun Twitter dan, kalau ada, blog kalian) di halaman berikutnya dari halaman paling akhir cerpen kalian.  Jadi halaman biodata tidak termasuk halaman cerpen, tapi masih dalam file yang sama.

File dinamai dengan format : Antologi Benci - puisi - judul - nama penulis. Jangan salah ya, or I won’t be able to know which one is whose, and yours may be lost.

Kirimkan karya kalian ke email sha_cool_mulover@yahoo.co.id paling lambat tanggal 30 April 2013 pk. 24.00 WIB. Subyek email: Antologi Benci - nama penulis.

Setelah mengirim email, mention saya di akun Twitter @siputriwidi untuk mengonfirmasi pengiriman karya kalian. Sebutkan bentuk karya (cerpen/puisi), judul, dan nama kalian.

Jumlah karya maksimum yang boleh dikirimkan oleh satu orang adalah TIGA buah. Bisa cerpen semua, puisi semua, atau campuran.

Nanti karya ini akan dibukukan secara mandiri melalui Nulisbuku.com. Tapi tanpa royalti, ya. Pertama, karena susah mengakomodasi dan membaginya. Kedua, well, you cannot really appreciate all the sensation of writing by merely money, right? ;).

Okay, so now you’re ready to write. Ditunggu ya karya-karya “benci ” kalian, seindah yang mungkin bisa kalian tulis! ;).

Regards,

Putri Widi Saraswati

Jika ada pertanyaan silakan menghubungi: 

Email: sha_cool_mulover@yahoo.co.id
Twitter: @siputriwidi

Sumber: putriwidisaraswati.blogspot.com 

Tags: cerpen puisi