Lomba Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air - Piala+UangPembinaan+Wisata by Kemenhan (DL: 8 Okt 2013)

Ketentuan Khusus

Paling lambat tanggal 8 Oktober 2013

Ketentuan nama file yang dikirim ke email adalah:
No Kode Provinsi, Nama Peserta, Nama Sekolah, Nama Kota
Contoh: 01, Vika, SMA N 1 Aceh, Banda Aceh

Ketentuan nama file ini dimaksudkan guna menghindari kesalahan pengelompokan artikel.
(kode provinsi dapat dilihat di web Desk PPKP - www.d-ppkp.com)

Apabila ada koreksi terhadap artikel yang telah dikirim nama file berikutnya ditambah Rev - 1, Rev - 2, Dst.
Contoh: 01, Vika, SMAN 1 Aceh, Banda Aceh, REV - 1.

Isi File: Formulir pendaftaran (Tanpa tanda tangan) diletakkan di halaman 1, dilanjutkan naskah artikel di halaman berikutnya, ditutup dengan daftar pustaka.
(semuanya dalam 1 file dengan format MS WORD).

Formulir Lomba Menulis Artikel

Ketentuan Umum

Lomba artikel ini diikuti oleh perorangan siswa/i SLTA/SMK/MA dari seluruh Indonesia.

Tema lomba menulis artikel “Bangkitkan prestasi, Cinta Indonesia, Hidupkan Karaktermu” (Awaken Performance, Love Indonesia dan Spark Your character). Judul artikel bebas.

Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X dan XI SLTA atau sederajat.

Peserta lomba menulis artikel, Dapat Merangkap sebagai peserta lomba diskusi, berlaku sebaliknya.

Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya, dengan membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.

Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (surat kabar, majalah, tabloid, buku, jurnal, web Kementrian Pertahanan, dll).

Artikel diketik dengan spasi 1,5 sebanyak maksimal 4 halaman A4, diluar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikutnya bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.

Font yang digunakan dalam menulis artikel adalah Arial ukuran 12, margin standar (4-3-4-3). Nma file yang dikirim (karya artikel) menggunakan: Kode Provinsi, Nama Peserta, Sekolah, Kota. Contoh: 15, Emely Rahma, SMAN1, Jakarta.

Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, harus ditulis dalam satu file, jangan terpisah dalam file-file berbeda.

Peserta lomba mengirim karya-karyanya secara online kepada Panitia Parade Cinta Tanah Air 2013, hanya melalui email dengan alamat: pcta.indonesia@gmail.com. Pengiriman artikel, harus disertai dengan pengisian biodata penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nma dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/Hp Peserta, Alamat Email Sekolah dan Email Peserta.

Konfirmasi atas pengiriman email atau informasi tentang lomba artikel bisa dilakukan via SMS ke Panitia.

Pengiriman artikel melalui email DIBATASI hingga hari dan tanggal yang akan ditentukan kemudian (Jadwal dan contoh format bisa diakses melalui Website Desk PPKP Kemhan (www.d-ppkp.com), yang disediakan di halaman beranda berita untuk Program Parade Cinta Tanah Air Tahun 2013.

Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah batas waktu yang ditentukan, akan dianggap gugur, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.

Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri tinggkat pusat yang terdiri dari unsur Kemdikbud, Akademisi, TNI/PNS Kemenhan.

Kriteria Penilaian Artikel:

  1. Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%) Juri dari Unsur Kemdikbud
  2. Kedalaman analisis dan logika penulisan (30%) Juri dari Unsur Akademisi Lokal.
  3. Komunikatif dan mudah dimengerti (30%) Juri dari Unsur lainnya.

Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 - 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.

Juri pusat akan menentukan 5 pemenang untuk masing-masing daerah (provinsi), dan berhak atas dana pembinaan.

Khusus untuk 1 orang pemenang utama menulis artikel dari tiap provinsi di seluruh Indonesia, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air Tahun 2013 (dengan menyiapkan judul baru yang berbeda dengan judul artikel tingkat provinsi, namun tetap menggunakan tema yang sama).

Pemenang utama lomba menulis artikel akan diberangkatkan ke Jakarta bersama 1 tim (3 orang) pemenang lomba Diskusi.

Pemenang Pertama Lomba Menulis Artikel tingkat nasional, akan memperoleh piagam Mentri Pertahanan RI dan dana pembinaan.

Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Pemenang lomba menulis artikel tingkat provinsi dan tingkat pusat pada tahun 2012 tidak berhak mengikuti lomba tahun 2013.

Artikel yang telah diikutsertakan pada lomba menulis artikel tahun 2012, tidak dapat diikutsertakan lagi pada tahun 2013, baik oleh penulis artikel maupun orang lian.

City Tour di Jakarta: Museum, Dufan, Istana Negara, Tempat WIsata Jakarta dan Pameran Indo Defence 2013


Panitia PCTA 2013


Sumber : d-ppkp.comĀ